BAB 18 SLOKA 75



Atas karunia Vyasa, saya sudah mendengar pembicaraan yang paling rahasia ini langsung dari Penguasa segala kebatinan, Krsna, yang sedang bersabda secara pribadi kepada Arjuna.

PENJELASAN:
Vyasa adalah guru kerohanian Sanjaya, dan Sanjaya mengakui bahwa ia dapat mengerti Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa atas karunia Vyasa. Ini berarti bahwa seseorang harus mengerti Krsna bukan secara langsung tetapi melalui perantara, yaitu guru kerohanian. Guru kerohanian adalah perantara yang transparan, meskipun memang kenyataan bahwa seorang murid mengalami secara langsung. Inilah rahasia garis perguruan rohani. Bila seorang guru kerohanian dapat dipercaya, maka seseorang dapat mendengar Bhagavad-gita secara langsung, sebagaimana Bhagavad-gita didengar oleh Arjuna.

Dalam Bhagavad-gita, semua sistem yoga dijelaskan karma-yoga, jnana-yoga dan bhakti-yoga. Krsna adalah Penguasa segala kegiatan kebatinan seperti itu. Akan tetapi, harus dimengerti bahwa seperti halnya Arjuna cukup beruntung hingga dapat mengerti tentang Krsna secara langsung, Sanjaya juga dapat mendengar Krsna secara langsung atas karunia Vyasa. Sebenarnya, tidak ada perbedaan antara mendengar langsung dari Krsna dengan mendengar langsung dari Krsna melalui seorang guru kerohanian yang dapat dipercaya seperti Vyasa. Guru kerohanian juga utusan Vyasadeva. Karena itu, menurut sistem Veda, pada hari ulang tahun guru kerohanian, para murid mengadakan upacara yang disebut Vyasa-puja.