BAB 18 SLOKA 13



Wahai Arjuna yang berlengan perkasa, menurut Vedanta, ada lima sebab untuk tercapainya segala perbuatan. Sekarang pelajarilah hal-hal ini dari-Ku.

PENJELASAN:
Kegiatan manapun yang dilakukan haruslah ada reaksinya. Karena itu, boleh ditanyakan bagaimana mungkin orang yang sadar akan kepribadian Tuhan Yang Maha Esa tidak menderita atau menikmati reaksi pekerjaan? Krsna mengutip filsafat Vedanta untuk memperlihatkan bagaimana ini dimungkinkan. Krsna mengatakan bahwa ada lima sebab segala kegiatan, dan demi sukses dalam segala kegiatan, seseorang harus mempertimbangkan lima sebab tersebut. Sankhya berarti tangkai segala pengetahuan, dan Vedanta adalah tangkai terakhir pengetahuan yang diakui oleh semua acarya yang terkemuka. Sankara mengakui Vedanta-sutra seperti itu.

Karena itu, sebaiknya orang mencari nasehat dari sumber yang dapat di percaya seperti itu. Pengendali tertinggi adalah Roh Yang Utama. Sebagaimana dinyatakan dalam Bhagavad-gita, sarvasya caham hrdi sannivistah. Roh yang utama menjadikan semua orang sibuk dalam kegiatan tertentu dengan memberi peringatan kepadanya mengenai perbuatannya dari dahulu. Perbuatan yang sadar akan kepribadian Tuhan Yang Maha Esa yang dilakukan di bawah perintah Beliau dari dalam tidak menghasilkan reaksi apapun, baik dalam hidup ini maupun dalam kehidupan sesudah meninggal.