Pengetahuan yang
menyebabkan seseorang melihat jenis makhluk hidup yang lain di dalam setiap
badan hendaknya engkau pahami sebagai pengetahuan dalam sifat nafsu.
PENJELASAN:
Paham
bahwa badan material adalah makhluk hidup dan bahwa kesadaran dibinasakan
sekalian dengan pembinasaan badan disebut pengetahuan dalam sifat nafsu.
Menurut pengetahuan itu, badan-badan berbeda satu sama lain karena perkembangan
berbagai jenis kesadaran, selain itu tidak ada roh tersendiri yang mewujudkan
kesadaran. Badan itu sendiri adalah roh, dan tidak ada roh yang dapat dipisahkan
di luar badan. Menurut pengetahuan seperti itu, kesadaran bersifat sementara.
Atau tidak ada roh-roh individual, melainkan hanya satu roh yang berada di
mana-mana, penuh pengetahuan, dan badan ini adalah perwujudan kebodohan yang
bersifat sementara. Atau di luar badan ini tidak ada roh istimewa yang bersifat
individual atau Roh Yang Utama. Segala paham seperti itu dianggap hasil dari sifat
nafsu.