Menurut tiga sifat alam
material yang berbeda, ada tiga jenis pengetahuan, perbuatan dan pelaku perbuatan.
Sekarang dengarlah dari-Ku tentang hal-hal itu.
PENJELASAN:
Dalam
Bab Empat belas, tiga bagian sifat-sifat alam material diuraikan secara panjang
lebar. Dalam bab itu dinyatakan bahwa sifat kebaikan menerangkan, sifat nafsu
bersifat duniawi, sedangkan sifat kebodohan membawa orang pada sifat malas dan
tidak mau melakukan apa-apa. Semua sifat alam material mengikat dan tidak merupakan
sumber pembebasan. Dalam sifat kebaikan sekalipun seseorang terikat. Dalam Bab
Tujuh belas, berbagai jenis sembahyang yang dilakukan oleh berbagai jenis orang
dalam aneka sifat alam material diuraikan. Dalam ayat ini, Krsna menyatakan
bahwa Beliau ingin membicarakan berbagai jenis pengetahuan, pekerjaan itu sendiri
menurut tiga sifat alam material.